Selamat datang di Blogger Septian
  • Posted by : Unknown Thursday 3 March 2016

    Linux secara umum terdiri dari tiga komponen utama, yaitu: kernel,environtment dan struktur file.






    Kernel

    Kernel adalah inti dari program, yang berfungsi menjalankan fungsi-fungsi OS dan mengatur perangkat keras seperti harddisk dan printer. Versi kernel Linux terdiri dari tiga segmen, major, minor, dan revision number. Major number berubah jika terjadi perubahan secara besar-besaran dalam kernel. Minor number menandakan kestabilan dari kernel versi tersebut. Sedangkan revision number menunjukkan versi perbaikan. Terkadang jika Anda menerapkan patch kernel, maka ada patch number di bagian akhir versi kernel tersebut.

    Environtment

    Environtment yang di maksud adalah sekumpulan layanan yang menyediakan antar muka antara kernel dengan user. Selanjutnya environtment ini sering di sebut juga dengan istilah interpreter (penerjemah). Environtment digunakan untuk menterjemahkan perintah yang di ketikkan oleh user dan mengirimkan perintah tersebut ke kernel. Linux menyediakan environtment seperti Window Manager (WM) dan Commond Line interface/Shell (CLI). Setiap user di mesin Linux yang sama, akan memiliki environtment sesuai sendiri-sendiri, baik itu CLI atau WM. Setiap user dapat mengatur environtment sesuai dengan keinginan mereka.
    Shell interface sangat sederhana dan biasanya terdiri dari sebuah prompt tempat dimana user mengetikkan perintah dan kemudian menekan ENTER agar perintah tersebut dapat dieksekusi. Sedangkan WM menyediakan Graphic User Interface (GUI), sehingga akan lebih user-friendly terutama bagi pemula Linux. Apalagi yang sudah terbiasa dengan Microsoft Windows atau MacOS.

    Struktur Direktori

    Struktur file yang dimaksud adalah cara Linux mengorganisasikan file-file yang tersimpan di media penyimpanan. File-file tersebut diorganisasikan ke dalam direktori-direktori, dan direktori-direktori tersbut akan terdapat pula Subdirektori-subdirektori yang berisi file-file, demikian seterusnya.
    Secara bersama-sama, Ketiga komponen di atas, kernel, environtment, dan struktur file akan membentuk dasar sebuah OS, dan dengan ketiganya pula kita dapat menjalankan program, menyimpan file dan berinteraksi dengan system.
    Pada dasarnya Linux hanyalah kernel seperti yang direlease oleh Linus. Jadi hanya ada satu standar Linux. Barulah jika kemudian kernel tersebut dipadukan dengan environtment (CLI atau WM) dan program-program lain, makan akan menjadi sebuah OS yang lengkap.

    Sekian dari pembahasan artikel Komponen-komponen linux bila ada kesalahan kata dan penulisan kata tolong di maafkan di karnakan manusia itu mempunyai salah maka dari itu saya minta maaf.

    0 comments

  • Copyright © - Software-Engineering - All Right Reserved

    Blogger Septian Powered by Blogger - Designed by M.SeptianAnggoro