Selamat datang di Blogger Septian
  • Posted by : Unknown Thursday 6 August 2015

    perkembangan komputer 4Setelah pada artikel Teknik Komputer Jaringan sebelumnya saya memposing atikel tentang sejarah perkembangan komputer generasi pertama, kedua dan ketiga. Artikel ini akan melanjutkan pembahasannya, yaitu Sejarah Perkembangan komputer generasi Keempat.

    Setelah IC, tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik lainnya. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.


    Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat beribu-ribu komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra Large Scale Integration (ULSI) meningkat dalam jumlah tersebut menjadi jutaan.

    Kemampuan untuk dapat memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu komponen yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunannya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterhandalan komputer.

    Lalu Chip Intel 4004 yang tercipta pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakan seluruh komponen dari sebuah komputer (Centrak Processing Unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang berukuran sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang bersifat spesifik. Sekarang, sebuah microprocessor dapat diproduksi dan kemudian di program untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.

    Mikroprosessor
    MICROPROCESSOR


    Dan tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.

    Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, djual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

    Pada awal tahun 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaaan Peronal Computer/PC untuk penggunaaan di rumah, kantor dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit paa tahun 1982, tepat 1 tahun. Dan sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC telah digunakan.

    Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran lebih kecil, dari komputer yang berada diatas meja (Desktop Computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (Laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (Palmtop).

    IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

    Di masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compitable dengan pemakaian CPU IBM PC/4886, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (erial dari CPU buatan intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

    Seiring dengan meluasnya penggunaan komputer di tempat-tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial komputer terus dikembangkan. Komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu bentuk jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak/software, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya secara langsung.

    Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelsaikan suatu proses tugas tertentu. Dengan menggunakan media perkabelan yang langsung atau disebut juga dengan Local Area Network/LAN, atau kabel telepon. Dan jaringan ini terus berkembang dengan pesat seiring berjalannya waktu.

    Sekian artikel mengenai Sejarah Komputer Generasi Keempat, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan.

    { 1 comments... read them below or add one }

  • Copyright © - Software-Engineering - All Right Reserved

    Blogger Septian Powered by Blogger - Designed by M.SeptianAnggoro